Cara menghitung masa subur

Masa subur adalah masa dalam periode wanita di mana sel telur telah siap dan dengan mudah dibuahi oleh sperma . Pada masa ini sel telur telah siap dilepaskan dan siap dibuahi yaitu 2 hingga 3 hari sebelum ovulasi dan 12 -24 jam setelah ovulasi. Hal yang penting atau salah satu kunci agar bisa mendapatkan kehamilan dengan cepat adalah dengan melakukan hubungan atau bercinta ketika masa subur. Maka dari itu penting untuk menghitung masa subur anda dengan akurat dan tepat menggunakan kalkulator masa subur online dan cara perhitungan manual. Lalu bagaimana cara mengetahui masa subur yang akurat tersebut ?
Untuk mengetahui masa subur lebih akurat, anda harus mencatat dan merekam siklus periode menstruasi anda dalam beberapa bulan. Hal ini karena dalam beberapa bulan panjang siklus anda akan sedikit berbeda dari bulan ke bulan.

Cara Menghitung Masa Subur

Ada beberapa metode untuk menganalisa masa subur wanita. Cara-cara ini merupakan ilmu hitung dengan rumus dan juga dengan cara mengetahui dari perubahan fisik. Untuk perhitungan yang akurat, maka sebaiknya anda gunakan gabungan beberapa cara. Hal ini akan lebih memperkuat kapan masa subur anda dengan lebih akurat. Masa subur bisa dihitung dan diketahui dengan beberapa macam cara:
1. Kalkulator Masa Subur Online
Perhitungannya atau cara mengetahui masa subur ada beberapa macam cara, namun yang umum dan mudah bagi anda adalah dengan kalkulator masa subur online. Kalkulator kesuburan ini adalah kalkulator yang dirancang dari perhitungan secara medis untuk mendapatkan masa kesuburan anda.
Gunakan kalkulator kesuburan dibawah ini untuk menghitung masa subur akurat.
Menghitung masa subur dari periode haid
Setelah anda mencatat siklus anda, kemudian kurangi 18 hari dari panjang siklus terpendek anda. Maka anda akan mendapatkan perhitungan hari pertama kemungkinan anda dalam masa subur. Selanjutnya, dari panjang siklus terpanjang anda dikurangi 11 hari. Maka sekarang anda mendapatkan hari terakhir dari masa subur anda.
Sebagai contoh perhitungan masa subur secara manual:
misalnya siklus terpendek menstruasi anda adalah 26 hari (26-18 = 8) dan siklus terpanjang anda 35 hari (35-11 = 24) maka masa subur anda dimulai berkisar pada hari ke-8 dari hari pertama haid hingga hari ke-24. Perlu diingat bahwa rentan ini adalah kemungkinan dimana akan terjadi ovulasi, sehingga tidak menunjukkan kapan waktu sebenarnya anda ovulasi atau melepaskan sel telur. Untuk lebih akurat anda perlu memperhatikan beberapa cara dan faktor lain pada penjelasan berikutnya.

3. Kesuburan dari subu basal tubuh, BBT (body basal temprature)

Pada saat terjadi ovulasi, suhu tubuh anda akan meningkat hingga periode datang bulan datang. Sesaat setelah suhu tubuh meningkat maka itulah masa subur anda. Cara ini adalah paling akurat karena langsung diketahui dari kondisi tubuh anda, bukan dari perhitungan. Namun cara ini memang agak sulit dilakukan. Anda harus mengukur suhu basal, yaitu suhu tubuh anda saat bangun tidur dan belum melakukan apapun. Bangun tidur langsung ukur suhu tubuh anda, pergi kekamar mandi atau minum maka pengukurannya jadi tidak akurat.
Bagaimana cara mengetahui masa subur dengan suhu basal tubuh?
Setelah bangun tidur dan posisi anda masih tidur jangan bangun dan jangan meregangkan badan tapi langsung ambil termometer dan ukur suhu tubuh. Lakukan ini tiap bangun tidur pada jam yang sama. Untuk lebih akurat lakukan rutin hingga 3 bulan, maka anda akan tahu suhu normal anda.
Biasanya suhu normal berkisar antara 35,5 °C hingga 36 °C, jika dalam masa ovulasi maka suhu tubuh anda akan turun lalu naik pada kisaran 37 °C hingga 38 °C. Tunggu hingga keesokan harinya lalu ukur kembali suhu tubuh anda, jika suhu tubuh anda tidak turun maka anda sedang dalam masa ovulasi dan dalam masa subur. Inilah waktu yang tepat untuk berhubungan.
Cara ini adalah cara yang akurat, efektif dan gratis. Cara ini sebaiknya dikombinasikan dengan perhitungan kalkulator kesuburan, jadi anda hanya perlu waspada pada beberapa hari menjelang masa subur dari perhitungan kalkulator masa subur.

4. Mengetahui kesuburan dari lendir serviks

Serviks atau leher rahim anda bisa dijadikan tanda bahwa anda sedang dalam masa subur. Hormon yang mempengaruhi menstruasi anda juga berpengaruh terhadap lendir serviks, dimana dia akan berubah warna, jumlah dan teksturnya agar sel telur lebih mudah dibuahi oleh sperma. Lihat dan perhatikanlah perubahan pada tekturnya berubah lebih kental atau tidak, perubahan ini biasanya terjadi 3-4 hari. Dimana pada saat itulah kemungkinan anda dalam masa subur dan mudah untuk cepat hamil. Perubahan ini sebaiknya juga dipadukan dengan suhu basal dan perhitungan kalkulator masa subur, sehingga anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.
Jika dilihat dari tekstur maka jika anda renggangkan tidak akan mudah putus, artinya lendir lebih kental dan kenyal. Coba anda renggang dan tarik jika tidak putus pada renggangan sekitar 2cm maka kemungkinan besar anda sedang dalam masa subur. Keakuratan cara ini hingga 70%.

5. Waktu masa subur dengan tes kesuburan

Tes kesuburan bisa dilakukan dengan alat tes kesuburan menggunakan urin dan air liur, namun yang sudah banyak beredar adalah dengan urin. Alat tes ini bekerja mendeteksi peningkatan luteinising hormone (LH), meningkatnya hormon ini terjadi pada 1 – 2 hari sebelum terjadi ovulasi dimana inilah waktu masa subur anda.
Cara ini mungkin yang paling akurat karena mampu menunjukkan masa subur anda dengan akurasi hingga 95%. Anda harus perhatikan kapan waktu untuk mengukur atau menggunakan tes kesuburan ini.
Bagaimana cara dan kapan waktu penggunaan tes kesuburan?
Waktu yang disarankan mengukur adalah pada jam 11.00 – 15.00 WIB atau 17.00 – 22.00 WIB. Hari yang tepat untuk mengukur adalah pada hari masa subur sesuai perhitungan manual melalui periode haid. misal dari contoh diatas, masa subur anda adalah dimulai hari ke-8 ditambah 3 hari, maka anda boleh mengukur dengan tes kesuburan dimulai pada hari ke-11 dari pertama anda haid. Jika tanda satu garis berarti anda tidak subur, jika 2 garis berarti anda sedang subur. Lakukan tes ini pada beberapa hari hingga hasilnya dua garis. Karena itu sebaiknya anda beli langsung 1 box yang biasanya isi 5 alat tes kesuburan.

Comments